MOTTO :

PERAN KOMITE SEKOLAH : Advisory Agency - Supporting Agency - Controlling Agency - Mediator Agency

ING NGARSO SUNG TULODO - ING MADYO MANGUN KARSO - TUT WURI HANDAYANI

Saturday 20 January 2018

8 STRATEGI DAN TIPS MENEMBUS SNMPTN 2018




8 STRATEGI DAN TIPS MENEMBUS SNMPTN 2018

1. PILIH JURUSAN YANG DIMINATI

Lulus SNMPTN memang berlomba adu strategi yang paling bagus. Hal yang utama adalah memilih jurusan yang paling kamu minati. Tujuannya adalah agar kita nanti tidak malas-malasan kuliah, karena bagaimana pun jika kita kuliah dengan jurusan yang tidak kita sukai pasti nanti akan malas kuliah.
Artinya kita menyukai jurusan apa? Kita mau jadi apa? Maka kita harus memilih jurusan tersebut.

Misalnya jika kamu suka dengan dunia komputer, maka kamu boleh memilih jurusan ilmu komputer, teknologi informasi, teknik informatika dan sejenisnya.


2. PILIH JURUSAN YANG BERPELUANG

Jika kamu meminati beberapa jurusan, harus mempertimbangkan juga peluang masuknya.

Misalnya jurusan yang kamu minati adalah ilmu komputer. Ternyata daya tampung jurusan tersebut di kampus A hanya 75 orang padahal peminatnya bisa mencapai 2000. Otomatis peluangnya kecil. Maka kamu kamu boleh mempertimbangkan untuk memilih jurusan lain. Tentu saja jurusan yang kamu minati bukan cuma 1 kan? Bisa saja kamu meminati beberapa jurusan.


3. PILIH KAMPUS YANG DIMINATI

Selain pemilihan jurusan, pemilihan kampus juga perlu dilakukan. Dimana kampus yang kamu minati karena ini akan mempengaruhi kenyamanan belajarmu.
Namun sebaiknya pilihlah kampus yang 1 provinsi dengan sekolahmu.


4. PERHATIKAN NILAI RAPOR

Strategi berikutnya adalah kamu harus cermat memperhatikan nilai raport kamu. Kamu sebaiknya memilih jurusan di PTN dimana nilai raport kamu paling menonjol. Misalnya kamu jurusan IPS. Nilai raport kamu yang paling menonjol dari semester 1 – 5 adalah sosiologi, maka sebaiknya kamu memilih jurusan sosiologi. Nilai raport juga sebaiknya selalu meningkat dari semester 1 – 5.


5. JADIKAN JURUSAN PALING DIMINATI PADA PILIHAN PERTAMA

Kembali pada seputar pemilihan jurusan, nah jadi jurusan yang paling kamu minati silhakan tempatkan pada pilihan pertama. Menurut survei dan pengalaman, sebanyak kurang lebih 90% lulus SNMPTN adalah pada pilihan pertama.


6. JANGAN TERLALU DITAKUTKAN DENGAN PASSING GRADE

“Passing grade adalah suatu ukuran standar yang didapat dari perhitungan sederhana terhadap hasil ujian SBMPTN yang mengambarkan kira–kira seorang peserta dapat mencukupi dalam urutan peringkat kuota penerimaan jurusan yang dipilihnya”.

Jadi tidak perlu dipusingkan dengan passing grade suatu jurusan saat mendaftar SNMPTN, karena passing grade berlakunya pada SBMPTN. Yang perlu diperhatikan adalah cermat melihat peluang antara daya tampung dan peminat.


7. HINDARI MEMILIH JURUSAN YANG SAMA DENGAN TEMAN SEKOLAH

Memilih jurusan yang sama dengan teman sekolah bisa jadi bumerang bagi kamu, apalagi jika temanmu yang memilih jurusan yang sama denganmu memiliki nilai – nilai yang lebih tinggi dari kamu. Maka pada proses penyeleksian, tentu saja dia akan berada diatasmu.


8. HINDARI MENEMPATKAN PTN DI JAWA PADA PILIHAN KEDUA

Sebenarnya aturan ini tidak ada dituliskan dalam syarat – syarat SNMPTN 2018 hehe. Namun, ini perlu kamu perhatikan. Alasannya adalah PTN – PTN di Jawa merasa lebih baik dibanding PTN di luar pulau Jawa, maka jika kamu menempatkan mereka dipilihan kedua, maka secara otomatis pilihan kamu dicoret karena tidak mungkin kamu lulus di sana. Maka jika kamu memang ingin kuliah di Jawa, tempatkan kampus mereka dipilihan pertama.

No comments:

Post a Comment